Rabu, 11 Juni 2008

PERSEPSI UAN MENURUT SISWA SMA DI KOTA MEDAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Pendahuluan

I.I Latar belakang masalah

Ujian akhir nasional adalah isu hangat dewasa ini. Bagi peserta didik, UAN merupakan momok bagi kehidupannya. Para orangtua pun tidak kalah stress dibandingkan dengan anaknya sendiri. Makna dari sebuah kata “ujian” yang sebenarnya merupakan merupakan salah satu factor keberhasilan dari proses pembelajaran. Ujian adalah salah satu upaya untuk menilai pengetahuan dan kemampuan peserta ujian. Nilai ujian nantinya tidak hanya sekedar ukuran kapasitas peserta, tapi juga sebagai evaluasi proses belajar – mengajar. Dalam dunia bisnis, ujian adalah sebuah tantangan yang dapat menggagalkan pendapatan, atau membuat bisnis bangkrut. Tetapi sebaliknya ujian yang dapat di jawab dengan baik oleh pebisnis, maka bisnis tersebut menjadi lading keuntu7ngan, bisnis pun tumbuh dan berkembang. Semakin mampu menjawab ujian bisnis, maka pebisnis itu menjadi semakin kuat dan matang. Sehingga langkah bisnis semakin menantang dan pebisnispun menjadi super pebisnis yang patut diperhitungkan oleh kawan maupun lawan.
UAN sangat berperan penting kepada setiap pelajar, karena UAN salahsatu menentukan syarat lulus atau tidak lulusnya siswa tersebut, serta UAN selalu memberikan suatu motivasi agar siswa tersebut berprestasi dan selalu bekerjakeras agar UANnya sukses.
Guru juga sangat berperan dalam membangkitkan motivasi dalam diri peserta didiknya agar semakin aktif belajar. Ada dua jenis motivasi, Yaitu :
Motivasi Intrinsik => Motivasi atau dorongan serta gairah yang timbul dari dalam peserta didik itu sendiri , misalnya ingin dapat manfaat praktis dari pelajaran, Ingin mendapat penghargaan dari teman terutama dari guru, ingin mendapat nilai yang baik.
Motivasi Ekstrinsik => Mengacu kepada factor-faktor luar yang mendorong munculnya gairah belajar, seperti lingkungan social yang membangun dalam kelompok, lingkungan fisik yang memberi suara nyaman, tekanan, dll.

Jadi motivasi adalah keinginan yang terdapat pada seorang individu yang merangsangnya melakukan tindakan.

I.2 IDENTIFIKASI MASALAH

Banyak factor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan UAN, Misalnya semangat balajar, siswa yang berprestasi.
Ada beberapa alasan mendasar tentang pentingnya semangat belajar , yaitu :
- Watak manusia membutuhkan dorongan,desakan dan rangsangan dari sesamanya
- Sebagai proses dan upaya apa adanya, sifat perbuatanbelajar itu sendiri sangat membutuhkan suntikan – suntikan atau dorongan.
- Tidak ada ukuran satu metode mengajar yang paling baik yang dapat dipakai dalam setiap kesempatan dan jenis kegiatan belajar. Jadi kalau ada peserta didik yang kurang bergairah dalam mengikuti pelajaran, guru harus sadar bahwa barangkali metode atau pendekatan dipilihgnnya kurang relevan dan ia harus berisaha mencari metode alternative.
Strategi utama dalam membangkitkan motivasi belajar pada dasarnya terloetak pada guru atau pengajar itu sendiri. Menurut Mc Keachie(1986), kemampuan guru menjadikan dirinya model yang kurang membangkitkan rasa ingin tahu dan kesanggupan dalam diri peserta didik merupakan asset utama dalam membangkitkan motivasi.


I.3 BATASAN MASALAH

Dengan mengacu dari permasalahan sebelumnya, penelitian ini hanya mengkaji tentang semangat belajar dan siswa yang berprestasi
Pada factor pertama yaitu semangat belajar hanya sebatas motivasi berprestasi dan pada factor yang kedua yaitu siswa yang berprestasi hanya sebatas



I.4 RUMUSAN MASALAH

- Bagaimana Tingkat motivasi belajar siswa SMA dikota Medan
- Bagaimana persepsi UAn menurut siswa SMA dikota Medan.
- Apakah ada pengaruh persepsi UAN menurut siswa SMA terhadap Motivasi belajar di kota Medan


I.5 MANFAAT PENELITIAN

- Memperluas pengetahuan sipenulis atau sipeneliti dalam masalah social, MSDM, khususdnya tentang motivasi belajar, persepi masyarakt, siswa,dll
- Menjadi bahan masukan atau referensi untuk penelitian – penelitian berikutnya yang relevan
- Memberikan referensi bagi sekolah, terutama siswa – siswa agar termotivasi belajarnya.

I.6 TUJUAN PENELITIAN

- Untuk mengkaji tingkat persepsi UAN menurut siswa mengenai UAN di kota Medan
- Untuk mengkaji tingkat motivasi belajar siswa di kota Medan
- Untuk mengkaji apakah ada pengaruhnya persepsi UAN menurut siswa SMA terhadap motivasi belajar di kota Medan

Tidak ada komentar: